Mal Pelayanan Publik

Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Pusat pelayanan terpadu yang menghadirkan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bagi masyarakat

Latar Belakang

Gedung Pemerintahan

Permasalahan Pelayanan Publik

Rendahnya kualitas pelayanan publik merupakan salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sistem prosedur pelayanan yang berbelit-belit, profesionalisme SDM yang masih rendah, ketidakpastian waktu dan biaya mengakibatkan pelayanan di Indonesia identik dengan high-cost economy (ekonomi biaya tinggi).

Solusi Reformasi

Begitu banyaknya permasalahan dalam pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, maka sangat perlu dilakukan suatu perubahan atau reformasi melalui perbaikan pelayanan publik yang berorientasi pada hasil dan menjawab kebutuhan mendasar warga masyarakat.

Evolusi Pelayanan Publik

1
Generasi Pelayanan Publik Terpadu
2
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
3
Mal Pelayanan Publik (MPP)

MPP adalah generasi ketiga yang lebih progresif memadukan pelayanan dari Pemerintah pusat, daerah, BUMD maupun swasta.

Definisi Mal Pelayanan Publik

Gedung MPP Hulu Sungai Tengah

Mal Pelayanan Publik adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Tujuan

  • Memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat
  • Meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia

Prinsip

Keterpaduan Berdayaguna Koordinasi Akuntabilitas Aksesibilitas Kenyamanan

Sejarah MPP HST

24 Desember 2024

Soft Launching MPP HST
Diresmikan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Tengah ke-65. MPP HST mulai beroperasi sebagai bentuk komitmen daerah dalam menghadirkan layanan publik yang efisien dan terintegrasi.

11 Juni 2025

Peresmian Nasional
MPP HST diresmikan secara nasional oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia, menandai babak baru pelayanan publik yang modern dan humanis.

Saat Ini

MPP Kabupaten Hulu Sungai Tengah telah menghadirkan 20 layanan dari berbagai instansi:

9 OPD
Organisasi Perangkat Daerah
11 Instansi
Kementerian, Lembaga & Korporasi

Masyarakat dapat mengakses berbagai jenis layanan dalam satu tempat yang nyaman, aman, dan ramah, sesuai dengan prinsip pelayanan yang cepat, efisien, mudah, aktif, dan transparan.

Motto

SIGAP

Santun – Informatif – Giat – Aktif – Profesional

Santun

Informatif

Giat

Aktif

Profesional

Logo MPP

Mal Pelayanan Publik

Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Pusat pelayanan terpadu yang menghadirkan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bagi masyarakat